..kuliah di jurusan ARL IPB itu.. berarti banyak mendengar tentang Negeri Sakura. Bagaimana tidak, cukup banyak dosen-dosen kami yang pernah mengenyam pendidikan di sana, atau setidaknya pernah ke sana dan mengagumi keindahan lanskapnya lah, ya.

Dan saya jadi teringat. Di pertengahan Desember 2008 lalu…

“JENESYS” – Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths Program

Berkesempatan melihat Negeri Sakura selama dua minggu, saat lanskapnya peralihan antara musim gugur dan musim dingin..

Lanskap jalannya cantiik :) Ada pohon Momiji yang warnanya kemerahan, sebagian mulai berguguran..Scenery 2Scenery 1Public statueLanskap JalanJalur Trem

Sempat turun rintik-rintik (?) salju di Miyajima.. di foto sayangnya tidak terlihat, ya :( Salju ^^

Main ke Disney Sea :) Walau tempat wisata ini penuh pengunjung, tidak ada sampah berserakan loh.

Disney Sea

Alhamdulillah juga diberi kesempatan untuk melihat Kinkakuji – Kuil Emas yang terkenal itu :) Benar-benar dibuat dari emas, loh..

Kinkakuji

Ya.. kalau dulu pas pergi ke Jepang saya udah ngeh sama yang namanya lanskap. mungkin saya akan benar-benar memperbanyak foto-foto pemandangan yang cantik daripada cuma foto-foto orang-orang dengan gaya ‘cheese’ saja :/

Tapi saya tidak menyesal, kok :) Alhamdulillah pernah diberi kesempatan melihat lanskap yang sangat cantik itu dengan mata kepala sendiri.. ^^

Ini kontingen Indonesia. Selain saya, dari SMANSA Bogor saat itu ada Lingga Lilianie dan Cinthyarindi.

Jenesys 2008 - Indonesia

Kalau ini foto dengan teman-teman di kelas X Bilingual, Gyoshu High, Shizuoka. Bangga mengenakan batik SMANSA di antara mereka ^^ dan kata mereka, batik SMANSA itu bagus loh..

Gyoshu High

Bersama Okaasan dan Eri-chan, host-family :) hari terakhir sebelum berpisah dengan mereka dan kembali bersama rombongan setelah sempat homestay selama 1 minggu.

with Matsushita's

Dan ini saya, bersama daun Momiji yang berguguran :)

Saya dan sisa musim gugur

Yang saya ingat, selama perjalanan ini, saya sangat terkagum-kagum dengan Jepang, baik dari keindahan pemandangannya *dulu belum tahu istilah lanskap :p*, kebersihannya, ketertibannya..

Tapi tetap, lebih baik di sini, di rumah kita sendiri :) Short trip ke Jepang justru membuat saya lebih mencintai Indonesia dan ingin berbuat lebih banyak untuk kemajuan negeri kita..

Walau tetap sih, kalau bisa ke Jepang lagi, saya tidak akan menolak :) semoga nanti Allah memberi kesempatan, aamiin ^^