Webometrics adalahperangkingan World Class University berdasarkan pengukuran banyaknya aktivitas dan dampak suatu universitas di internet. Sekarang, IPB ada pada peringkat ke 2162 di dunia dan 12 di Indonesia. Hal ini masih harus ditingkatkan lagi.

Ada beberapa langkah teknis yang dapat mengubah posisi itu, sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Sub Direktorat Data dan Informasi IPB, Firman Ardiansyah,S.Kom., M.Si., pada IDEA 2010,  bertema“Semarak  Apresiasi Prestasi dan TalkshowPendidikan,” (6/6) di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Kegiatan ini di gelar oleh Kementerian Pendidikan BEM KM IPB.

Ia memaparkan, untuk mengubah posisi itu ada beberapa langkah yangbisa dikerjakan diantaranya adalah, jadikan email [userid] a-keong student.ipb.ac.idsebagai alamat email utama dalam berkomunikasi via internet. Kemudian aktifkan blogging dengan [userid].student.ipb.ac.id.

“Sekarang IPB menyediakan fasilitas student blog . Segera aktifkan blog student dengan menggunakan user id dan password Captive Portal IPB. Jikabelum tahu user id bisa dicek di http://login1.ipb.ac.id.,” ujarnya.

Kemudian pasang official badge IPB lengkap dengan hyperlink menuju web IPB di halaman blog masing-masing. Kita juga bisa memilih badge-badge di http://www.ipb.ac.id/badge/. Selain itu kita juga bisa berkarya membuat badge sendiri.

“Rajin-rajinlah memberikan komentar di blog atau forum di luar situs ipb.ac.id dengan mencantumkan email[userid] a-keong studnet.ipb.ac.id dan url [userid].student.ipb.ac.id. Pastikan juga memberikan komentar di forum yang bisa di-index Google,” katanya di hadapan ratusan mahasiswa. Rektor IPB turut hadir pada kesempatan tersebut.

Menurutnya, kita juga harus membuat status Facebook, Twitter, atau Plurk dengan menyebutkan nama IPB atau menyertakan link ke http://www.ipb.ac.id, dan cantumkan juga link ke ipb dan sub-domain-nya di posting-an blog.

“Terakhir yang juga takkalah penting adalah, mengisi konten di Wikipedia, dan pastikan menggunakan referensi ilmiah yang berada di bawah domain ipb.ac.id,” katanya. (man)

Sumber : http://www.ipb.ac.id

jadi… inilah blog baru saya:

.

http://miftahulj09.student.ipb.ac.id/

.

masih bingung mau diisi apa. apakah isinya akan sama dengan blog ini, masih kurang tahu juga. boleh jadi isinya akan sama, semuanya, tapi mungkin juga nggak. hmmm.

yang jelas… semoga sama-sama bermanfaat deh.

.

ayo tingkatkan webometrics IPB!!

.

[eh, kalo SMANSA, punya gak? :3]